Friday, March 4, 2011

Here is my family, and here is where we belong :)

Karena rada aneh kalo nyeritain dari 2 minggu yang lalu, jadi gua bakal mulai cerita dari awal, yaitu saat-saat kelahiran gua. Loh salah, maksudnya adalah gua mau ceritain bagaimana awalnya gua bisa terjerembab masuk ke dunia penuh warna yang sesat ini ini.

Semua berawal dari MOS, atau di Smanda namanya MOPDB (Masa Orientasi Peserta Didik Baru) gausah deh ya ceritain gimana Thriller nya MOS itu, mening kita langsung aja ke pada saat display ekstrakulilkuler di smanda. Hari itu, tiba-tiba di dinding sekolah banyak banget selebaran kecil yang di tempel. Isinya ternyata tentang pertunjukan kabaret dari Teater Genta. he? Gua tau sih Genta itu apaan, kalo ga salah gua dulu gua pernah liat fotonya di kalender smanda punya kakak gue dulu hehe tapi serius, pas waktu itu gua liat fotonya yang terlintas pertama adalah : Nah, ini nih yang namanya teater! Karena disitu mereka kelihatan bener-bener keren, layaknya ekskul teater yang gua bayangkan selama ini. Gak kaya SMP gue, teaternya abal-abal, mau bikin film pendek aja ake acara dicekal dulu. cape deh.

Balik lagi,pas liat foto itu, gua belum ada ketertarikan sama sekali walaupun gua beranggapan mereka beneran keren. boro-boro deh, masuk smanda aja ga kepikiran. Tapi sekarang, pas gua liat selebaran undangan pertunjukan itu (FYI, yang tercetus pertama waktu itu di pikiran adalah : wah, genta kan yang fotonya ada di kalender kaka gue!) gua tau gua wajib, fardhu ain nonton pementasan itu. Apalagi waktu itu PJ gugus gue, Kak Raka, mengkalim dirinya anak Genta dan menjelaskan sedikit tentang Teater Genta. Wuih disitu gua udah mulai ngiler deh.

Siangnya, pas pementasan (Waktu itu judulnya Cinta 2 Hati) gua udah duduk manis di lapangan rumput, paling depan pula. Di depan kita udah ada semacam background dan pohon-pohon gajelas. Tirai dibuka (ga ada tirai sih, biar keren aja), musik dinyalakan, dan akhirnya pentas pun dimulai.


Dan gua pun terkesima

Anjing, keren banget.

Di akhir pentas, ada sejenis MC (Yang sekarang gua tau dia itu alumni genta, namanya Kak Hada) yang mempromosikan Teater Genta dan blablabla-nya. Sumpah, pas gua liat pemain-pemainnya, liat pementasannya, gua serasa pengen nyembah-nyembah mereka, ya ga gitu juga sih pokoknya gua menganggap mereka ini keren banget. Tapiii, waktu itu gua belum final banget mau masuk Genta, masih ragu-ragu gitu deh, apalagi lumayan banyak juga ekskul yang menarik perhatian, dan gua ga pengen ngambil banyak-banyak.
Masih di hari itu, Genta pasang stand buat anak-anak kelas 1 yang mau masuk genta, kalau ga salah di kelas XII IPS 3 yang lama. Bahkan saat stand nya sudah kelihatan begitu menggoda, gua masih ragu buat masuk Genta, selain karena gua bingung mau ekskul apa, gua juga rada-rada trauma pas waktu SMP dulu, intinya sih takut salah milih. Waktu itu juga ada temen SMP gua yang juga peserta MOS, mau masuk Genta juga. Dan gue merasa " ah, setidaknya gua punya temen," gua pun dengan semangat 45 mendukung keputusan dia buat masuk Genta.

Eh tapi ujungnya...dia gajadi! Mampus, gua yang udah 100% jadi low-batt lagi. Akhirnya gua cuma mondar-mandir di depan XII IPS 3 dengan Mupeng di depan stand Genta. Pas gua lagi lewat untuk yang ke sejuta kalinya, tiba-tiba salah seorang yang tadi nongkrong di stand itu berdiri dan bilang "Ah! Ade mau masuk Genta kan? huahahaha makasiiih, ayo tulis nama disini, tulis nama disini," Gua yang saat itu cuma bisa megap-megap kaget, buset, ni orang kaga jelas bener. Tapi disitu gua malah ngerasa in-charge, malah ngerasa yakin 100% buat masuk Genta, dan akhirnya dengan mantap gua menuliskan nama, gugus, dan nomor hp gua disitu.

Seminggu kemudian, gua dapet jarkom buat menghadiri pertemuan pertama Genta di hari sabtu, dengan baju item-item, kami anak-anak kelas satu bikin lingkaran gede sama kaka kelas dan alumni-alumninya, pertemuan hari itu sebagian besar diisi perkenalan, karena emang orangnya banyak banget. Setelah itu kita pembukaan dan latihan vokal di lapangan rumput. Sambil lari-lari mengucapkan a-i-u-e-o segede toa, gua berpikir, "Mungkin gua gak salah pilih,"

Selama 6 bulan kedepan, banyak banget yang udah gua alami sebagai anggota Genta, senang sedihnya, kebanyakan sih senengnya. Entah kenapa latihan Genta bisa jadi semacam refreshing buat gue. With all of the craziness atmosphere they made, there i learned to b myself.

Sebagaimana ekskul lain yang ada semacam pelantikan anggota, Genta juga punya, namanya Upsen (Upacara Seni). Ini juga termasuk salah satu dari momen yang gabisa gua lupain di Genta, hari itu, setelah seharian didera dan disiksa, gua sama anak upsen yang lain duduk di lapangan rumput, di tengah hujan, pegangan tangan, nyanyi lagu Padamu Genta, sambil dibanjur sama telor, air, terigu dll, berulang-ulang sampe suara serak, tapi ga ada satupun dari kita yang mau berhenti nyanyi. Ditengah hujan itu, gua berpikir lagi, "Sumpah, kalau ada satu hal yang harus gua sesali, itu adalah kenapa gua harus ragu-ragu masuk Genta,"

Kembali ke masa kini. sekitar 3 minggu yang lalu, Alifi (ketua Genta) bilang kalo kita bakal ikut lomba kabaret se-jawa barat. Yoooosh! Dan alhamdulillah disini juga gue dapet peran (Akhirnya! XD Pentas pertama brader!) yang lumayan asyik pula, peran apa itu? Rahasiaaa :p hehe pokoknya 2 minggu itu kita habiskan buat latihan-latihan-latihan-joget irfan bachdim-dan latihan.
Pas hari H, kita berangkat naik ke sukabumi naik...ehm, truk jablay. Bukan, bukan truk yang dibelakangnya suka ada gambar cewe seksi gajelas dan tulisan "Menanti Kejujuran" atau "Kutunggu Jandamu" tapi truk satpol pp yang suka dipake buat razia PSK-PSK dijalan hehehe. Sepanjang jalan kita nyanyi-nyanyi, gila-gilaan dan ngobrol sampe tiba-tiba hujan! Emang sih itu truk ada atepnya, tapi jendela kanan kirinya kan bolong! Akhirnya, demi menjaga keutuhan property dari serangan air ujan, anak-anak cowo langsung pasang badan dijendela buat ngehalangin air ujan (So sweeet :') ) dan yang lain sibuk nambal atep yang ternyata bocor juga .___. tapi kita justru menghadapi derita itu sambil bercanda dan ketawa-ketawa. Saat itu gua mendadak ngerasa terharu, terutama liat anak laki-laki yang ngehalangin hujan pake badannya masing-masing. Disitu kerasa banget yang namanya berkorban untuk hal yang akan kita perjuangkan, and it means a lot.
Pas kita pentas, gua sendiri gak main maksimal, sempet salah timming pula -___- tapi pada dasarnya kita keren banget hehe. dan setelah kita pentas, kita duduk ngelingker, masih dengan kostum masing-masing. Kita disitu evaluasi penampilan kita masing-masing, sempet ada adegan haru juga pas ka luthfi nangis nginget perjuangan-perjuangan kita menjelang lomba. Pas itu juga Alifi nyuruh gua ngomong sepatah dua patah kata, dan gua bilang "Kita keren banget, dan gua bangga bisa menjadi salah satu dari apa yang kita sebut keren ini,"
Di akhir acara, kita sempet kesel banget, karena pengumuman pemenangnya ngaret luar biasa, dan setelah sibuk mencaci maki panitia yang kita anggap kurang profesional, akhirnya pemenang pun diumumin.

"Best artistic jatuh pada........TEATER GENTA!,"

Kita : *Jerit-jerit* *Joget Irfan Bachdim*

"Dan juara 3 adalah.........TEATER GENTA!,"

Kita : *Jerit-jerit* *Joget Irfan Bachdim*

huahahaha pokoknya rusuh banget deh.
Pas balik, semua sibuk ngomongin hal-hal seru selama perlombaan barusan. Sementara gua sendiri cuma diem, setengah ngantuk, dan kembali berpikir

Bukan juara 3 dan Best Artistic yang bikin gue bangga, tapi memiliki mereka sebagai keluarga adalah sebuah kebanggaan yang tak tertandingi.

No comments:

Post a Comment

Formspring.me

Extremely recommended